5 Cara Mengatasi Overthinking Saat Sebelum Tidur yang Mudah

Cara Mengatasi Overthinking – Pernah mengalami overthinking saat sebelum tidur? sehingga hal tersebut membuat kamu menjadi kesulitan tidur. Jangan khawatir, simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara mengatasi overthinking saat sebelum tidur.

Overthinking atau pikiran yang terlalu berlebih biasanya kerap ada saat malam hari sebelum tidur. Situasi heningnya malam memacu seseorang untuk memikirkan suatu hal yang dapat membuat stres bahkan juga insomnia.

Kebiasaan overthinking ini benar-benar tidak baik untuk kesehatan fisik dan psikis, karena bisa memunculkan beragam gangguan kesehatan.

Overthinking yang sering dialami, mampu menimbulkan masalah-masalah kesehatan seperti menjadi insomnia, depresi berat, sering pusing kepala, mudah sakit, dan lain sebagainya. Sehingga jika hal tersebut sering dialami, akan menjadikan tubuh menjadi lemah.

Supaya pemikiran kamu tenang dan dapat tidur dengan lelap, penting untuk ketahui langkah menangani overthinking saat sebelum tidur. Overthinking memaksakan otak terus berpikir hingga susah untuk memejamkan mata.

Berikut cara menangani overthinking saat sebelum tidur yang bisa kamu coba, lakukan saat kamu sedang mengalami overthinking.

Cara Mengatasi Overthinking

1. Tulis semua yang ada di pikiran ke buku catatan pribadi

Cara mengatasi overthinking yang terlalu berlebih saat sebelum tidur yang perlu kamu coba yakni dengan menulis.

Tuang semua kecemasan dan ketakutan yang mengusik pikiranmu ke tulisan. Dengan menulis, beban pikiran kamu jadi lebih ringan dan perasaan kamu juga lebih lega.

Sesudah menulis, kamu dapat memandang keresahan mana yang nyata terjadi dan mana yang belum terjadi. Hingga, kamu bisa berencana melakukan tindakan untuk menangani keresahan yang nyata, dan mengabaikan keresahan yang lain.

Baca Juga  7 Cara Hilangkan Kerak Setrika, Sangat Mudah dan Dijamin Bersih

Dengan menuliskan semua keresahan yang ada di pikiran, menjadikanmu berpikir langkah apa yang bisa kamu ambil dan lakukan untuk mengatasi permasalahan yang sedang menimpamu saat ini.

2. Baca buku yang disukai

Selanjutnya cara mengatasi overthinking saat sebelum tidur adalah dengan membaca buku yang disukai.

Diperoleh keterangan bahwa membaca buku mampu memberikan ketenangan dan menolong kurangi kekhawatiran saat sebelum tidur.

Saat membaca buku, pikiran kamu akan teralihkan hingga overthinking bisa ditangani. Tetapi, tidak boleh baca buku yang menguras emosi. Sebaiknya, pilih buku dengan topik ringan yang gampang kamu cerna.

Membaca buku dapat membuat mata kamu capek, hingga keinginan untuk tidur jadi lebih cepat. Pastikan kamu membaca buku fisik, bukan buku digital pada perangkat elektronik karena sinar birunya malah buat tidak bisa tidur.

3. Dengarkan musik

Cara Mengatasi Overthinking, Foto : Freepik

Menurut riset, mendengarkan musik yang bisa menolong seseorang terlelap lebih cepat.

Pilih musik yang menentramkan, misalkan akustik, klasik, instrumental, atau musik dengan suara alam seperti hujan dan air mengalir. Dengarkan musik yang menentramkan termasuk juga langkah hilangkan pemikiran negatif saat ingin tidur.

Karena, saat dengarkan musik yang menentramkan, otak semakin lebih santai dan stop berpikiran terlampau keras. Disamping itu, dengarkan musik berguna juga untuk tingkatkan kualitas tidur kamu jadi lebih lelap.

4. Minum Susu Hangat

Berdasar riset yang diperoleh, susu memiliki kandungan asam amino triptofan (TRP). Triptofan sebagai gizi penting yang berperanan untuk membuat melatonin, yaitu zat penyebab kantuk.

Oleh karena itu, susu benar-benar direferensikan untuk diminum saat sebelum tidur. Tetapi, sebaiknya janganlah minum susu dengan rasa cokelat yang memiliki kandungan cafein, sebab bisa membuat kamu terjaga.

Minumlah susu 30 menit atau 1 jam saat sebelum tidur sebagai langkah hilangkan depresi saat sebelum tidur.

Baca Juga  4 Cara Menyembuhkan Luka Jahitan Setelah Melahirkan, MUDAH dan TEPAT

5. Melatih Pernafasan

Cara mengatasi overthinking, Foto : Freepik

Melatih pernafasan menjadi cara menentramkan pemikiran supaya bisa tidur sekaligus hilangkan overthinking.

Langkahnya yakni dengan menarik napas dalam-dalam selanjutnya hembuskan pelan-pelan. Konsentrasilah saat melatih pernafasan agar pikiranmu dapat teralihkan. Sesudah pikiran tenang, kamu dapat memikirkan suasana alam yang tenteram.

Misalkan membayangkan air terjun, suara hujan turun ke bumi, aroma tanah setelah hujan, dan lain-lain.

Nah, itulah 5 cara mengatasi overthinking saat sebelum tidur yang bisa kamu coba saat mengalami masalah ini.

Memang dalam kehidupan, manusia sudah pasti akan dihadapkan oleh berbagai permasalahan hidup. Namun tidak ada masalah yang tidak selesai, karena semua bergantung pada usaha yang dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut, sebab tidak ada cobaan yang melebihi batas manusia.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar